CB: Agama – Social Project, Day 1

Halo, teman-teman! Kali ini aku akan menceritakan pengalamanku dan kelompokku selama melaksanakan tugas mata kuliah CB: Agama, yang tugasnya itu merupakan mewawancarai tiga tokoh agama yang berbeda tentang topik “Kerendahan Hati dan Memaafkan”. Tujuan dari tugas ini yaitu agar kita dapat lebih mengerti antara satu sama lain dalam pandangan topik yang terpilih melalui tanggapan-tanggapan tokoh agama masing-masing. Langsung saja kita mulai ke hari pertama pelaksanaan tugas kami.

Rabu, 22 November 2017

Pada hari pertama, kami berkumpul terlebih dahulu di Lawson untuk mendiskusikan apa yang akan kita lakukan ketika mengunjungi tempat ibadah tersebut serta membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan kepada tokoh agamanya.

Setelah selesai berdiskusi, kami langsung pergi berangkat ke tempat-tempat ibadah yang telah kami rencanakan untuk kunjungi. Tempat-tempat ibadah yang kami pilih adalah gereja (Kristen), masjid (Islam), dan wihara (Buddha).

Tempat ibadah yang pertama kali kami kunjungi yaitu wihara yang berletak di sekitar jalan Palmerah. Tujuan utama kami yaitu untuk membuat janji wawancara bersama tokoh agamanya, tetapi sayang sekali ternyata wihara tersebut tidak dapat menerima penawaran kami. Jadi setelah itu, kami langsung pergi jalan ke tempat selanjutnya sambil memikirkan wihara mana yang akan kami kunjungi untuk mengadakan wawancara.

Tempat ibadah yang kami kunjungi selanjutnya adalah gereja yang berletak di daerah jalan Taman Sunda Kelapa. Setelah pihak gereja setuju untuk mengadakan wawancara dan jadwal wawancara telah disusun, kami langsung lanjut pergi ke masjid yang terletak tidak jauh dari gereja tersebut.

Pada saat di masjid, kami mendiskusikan tentang rencana kami kepada pengurus-pengurus masjid tersebut dan mereka juga bersedia untuk mengadakan wawancara. Hanya sayang sekali jadwal yang direncanakan tidak ada yang dapat menyesuaikan kedua pihak, sehingga kami harus membuat janji ke masjid yang lain.

Tak lama kemudian, kami langsung menemukan masjid yang dapat kami adakan wawancara yang kebetulan terletak di dekat rumah salah satu anggota kelompok kami. Dan setelah berdiskusi dengan pihak masjid tersebut, kami mendapatkan jadwal yang cocok untuk wawancara.

Demikianlah pengalaman hari pertamaku bersama kelompokku dalam pelaksanaan tugas CB: Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *